Home / Artikel / Bluetooth – Sejarah – Fungsi – Versi – kelebihan dan kekurangan

Bluetooth – Sejarah – Fungsi – Versi – kelebihan dan kekurangan

Bluetooth

Sudah tak asing lagi ditelinga kita semua dengan yang namanya Bluetooth. Sebuah teknologi komunikasi nirkabel yang digunakan untuk melakukan tukar-menukar data di antara piranti dengan jarak <10m. Teknologi Bluetooth beroperasi dalam frequency hopping traceiver memang mampu memberikan data up to date pada piranti yang di pakai, namun teknologi ini juga memiliki kelemahan pada jangkauannya yang pendek dan kecepatan transfer data yang rendah.

bluetooth

Sejarah bluetooth

Sejarah mencatat, teknologi bluetooth ini dulunya dipromotori oleh 5 perusahaan besar kala itu diantaranya IBM, Ericsson, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek teknologi bluetooth. Pada bulan Juli 1999 semua dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai dirilis.

 Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0. Namun, ditambah 4 promotor baru yang meliputi  empat perusahaan besar  dunia Microsoft, Motorolla, 3Com dan Lucent Technologies. Hingga saat  ini lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam konsorsium adapter teeknologi bluetooth. Meski standar SIG saat ini telah dimiliki oleh grup promotor pendirinya tetapi diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE 802.15.

 

Asal nama bluetooth

Nama bluetooth berasal dari nama  raja Denmark, raja yang hidup di akhir abad sepuluh, Harald Blatand. Beliau dijuluki Inggris dengan nama Harald Bluetooth karena giginya yang berwarna gelap. Beliau yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang kini telah berdamai, termasuk suku dari wilayah yang saai ini bernama Swedia dan Norwegia. Wilayah Scania di  Swedia, tempat dimana teknologi bluetooth ini detemukan.

Kemampuan raja Harald Blatand sebagai pemersatu memiliki kemiripan dengan teknologi bluetooth yang sekarang bisa menghubungkan berbagai piranti modern untuk saling berbagi data.

Sedangkan logo Bluetooth sendiri berasal dari dua huruf Jerman yang disingkat H dan B singkatan dari Harald Bluetooth, yaitu Hagall dan Blatand yang kemudian kedua huruf tesebut bila digabung akan membentuk logo Bluetooth saat ini.

 Versi bluetooth dari masa ke masa

  bluetooth Versi 1.0 dan V1.0B

Versi pertama kali yang di rilis adalah versi v1.0 dan v1.0B, kedua versi ini mengalami kegagalan karena perangkat dan teknologi bluetooth versi ini belum banyak yang menggunakan.

 bluetooth V1.1 hingga 2.0 + EDR

Bluetooth terus mengalami perkembangan yang menunjukan perbaikan pada v1.1 dengan standar IEEE Standerd 802.15.1-2002, namun versi ini masih membawa kekurangan dari versi sebelumnya. Akhirnya v1.2 yang meraih sukses dipasaran. Bluetooth terus berkembang dan memperbaiki kekurangannya, versi bluetooth v2.0 ditambah teknologi Enhanced Data Rate (EDR) dirilis di tahun 2004. Kecepatan transfer bertambah hingga 3 Mbps. Yang pada sebelumnya hanya memiliki kecepatan transfer 712 Kbps.

bluetooth Versi 2.1 + EDR

Pada tahun 2007  peluncuran bluetooth v2.0 + EDR. Selanjutnya bluetooth v2.1 + EDR diluncurkan, pada versi ini diperkenalkan teknologi anyar bernama SSP yang  mampu meningkatkan kemampuan pengirim dan penerima sinyal kedua perangkat bluetooth. Teknologi bluetooth v2.1 juga mengenalkan fitur EIR yang memungkinkan penyaringan lebih baik dan dapat menghemat penggunaan daya.

bluetooth Versi 3.0 + HS

Versi ini diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menawarkan kecepatan tranfer hingga 24 Mbps. Pada versi ini bluetooth telah menggunakan link wireless 802.11, teknologi yang digunakan pada WiFi. Dengan ini kecepatan tranfer bertambah. Kata “HS” merupakan singkatan dari High Speed melalui penggunaan link wireless 802.11.

bluetooth Versi 4.0

Nah, inilah versi terakhir dari teknologi bluetooth saat ini.  Pada versi ini penggunaan daya yang rendah menjadi keunggulannya. Bluetooth telah menggunakan fitur BLE yang mampu mengurangi konsumsi daya. Keunggulan lain pada bluetooth v4.0 yakni jangkauan yang lebih luas dan tentunya tranfer data yang lebih cepat.

Kelebihan bluetooth

Teknologi Bluetooth memiliki beberapa keunggulan diataranya :Bluetooth dapat menembus dinding dan media rintangan lain namun tetap harus dengan jarak maksimal 10 meter.

Teknologi Bluetooth tak memerlukan kabel atau media lain untuk transfer data.

Bluetooth dapat mensikronasikan data dari ponsel ke komputer ataupun sebaliknya.

Bluetooth memiliki penggunaan daya rendah dan dapat digunakan sebagai perantara modem.

Kekurangan bluetooth

Meski memiliki kelebihan, teknologi bluetooth juga memiliki kekurangan diantaranya :

Teknologi Bluetooth masih  menggunakan frekuensi sama dengan jaringan LAN.

Di Indonesia, sudah banyak virus yang dapat menyebar melalui Bluetooth.

Banyak keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan guna mencegah tranfer data gagal.

About vicky

Vicky , penggemar informasi handphone, pengamat perkembangan gadget terbaru dan hobi menulis

Check Also

Menerima Notifikasi Smartphone di PC Melalui Pushbullet

Aplikasi Notifikasi Smartphone di PC Ketika sedang konsentrasi  mengerjakan tugas di dekstop, seringk mata kita …

One comment

  1. terimakasih gan, sangat membantu sekali, salam kenal ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *