10 Smartphone Terbaru yang Dinantikan Di Tahun 2020

Smartphone terbaru yang dinantikan di tahun 2020
Smartphone

Infohandphone.com | 10 Smartphone Terbaru yang Dinantikan Di Tahun 2020 – 2019 menjadi tahun lahirnya sederet inovasi penting dalam skena industri smartphone. Tahun yang disebut-sebut sebagai “masa depannya” smartphone ini jadi masuk akal lantaran para produsen penting senantiasa memanjakan kita dengan segala fitur maupun kelebihan yang dapat mereka persembahkan demi bisa bertahan di bisnis yang tak kenal ampun ini.

Untungnya, imbas atas segala upaya mereka telah membawa kita pada sebuah era di mana terobosan yang mereka tawarkan justru memberi dampak yang baik bagi publik. Dan meskipun beberapa tidak semua produsen menikmati tahun yang gemilang, sulit untuk menampik pikiran bahwa tahun-tahun mendatang akan jauh lebih berlimpah inovasi. Sehingga muncul satu pertanyaan; apakah industri mobile telah mengalami masa mandek untuk memberi kita fitur smartphone yang baru?

Kompilasi ekslusif ini telah kami susun sebagai usaha untuk menjawab pertanyaan tadi. Kami menghadirkan informasi ihwal deretan smartphone terbaru yang dijadwalkan bakal melakoni debutnya pada tahun 2020 mendatang.

Catatan: semua perangkat di bawah ini dipilah cermat oleh editor kami.

10. Google Pixel 5/Pixel 5 XL

Smartphone Google Pixel 5 dan Pixel 5 XL.
Smartphone Google Pixel 5 dan Pixel 5 XL.

Pada momen peluncurannya, Pixel 4 series sukses mengukir rekor di industri smartphone. Dan itu merupakan sebuah pencapaian tersendiri mengingat seri ini dikenal terlalu lamban dalam mengadopsi tren yang dikomparasikan dengan para rival mereka sejak mula kemunculannya.

Pada seri inilah, Google akhirnya menggandakan jumlah kamera utama milik Pixel series. Kendati pun ketebalan bingkainya lebih kurang masih sama seperti sang pendahulu, tapi pada bezel ini Google menanamkan sejumlah elemen menarik seperti sensor Soli yang berfungsi untuk memudahkan pengoperasian ponsel lewat input gestur.

Namun, bukankah ini hanya sebatas perubahan minor apabila dibandingkan dengan apa yang ditawarkan kompetitor? Meski kenyataannya demikian, namun kami merasa, dalam prosesnya, Google telah sukses menyenyahkan rasa enggan mereka dan sekaligus ini menjadi langkah signifikan untuk menjadi lebih sempurna.

Pada tahun 2020, Google diharapkan bisa lebih keras menunjukkan perubahan yang telah mereka perlihatkan sejauh ini. Terkait dengan spekulasi terbaru, muncul indikasi bahwa perusahaan ini akan merilis perangkat dengan layar yang lebih lapang dan tanpa hiasan poni (notch-less) di atasnya. Itu artinya, besar kemungkinan ponsel Pixel berikutnya akan mengadopsi kamera lubang.

Rumor lain yang tak kalah menarik adalah soal baterai Pixel 5 XL yang mungkin akan berkapasitas lebih dari 4.000 mAh. Pixel 5 series bisa jadi akan diberkahi layar yang lebih baik, dukungan refresh rate yang lebih tinggi, sensor sidik jari di balik layar, Snapdragon 865 dengan RAM 8GB, dan konektivitas 5G secara default.

9. OnePlus 8

Smartphone OnePlus 8.
Smartphone OnePlus 8.

Walau pihak perusahaan sama sekali belum angkat bicara soal eksistensi OnePlus 8, kita semua tahu betul bahwa perangkat ini dijadwalkan meluncur pada 2020. Dan jika mengacu pada gosip yang beredar, smartphone ini mungkin bakal menebar ancaman maut bagi satu ponsel flagship yang sama-sama kita antisipasi kedatangannya, Samsung Galaxy S11.

Terlepas dari fakta bahwa kelahirannya masih harus menunggu berbulan-bulan lamanya, OnePlus 8 sudah menjadi bahasan menarik bahkan sebelum ia menetas dari telurnya. Rumor paling menarik terkait HP ini memperbincangkan soal kemungkinan lepas landasnya perusahaan dari tren kamera pop-up dan siap beralih mengadopsi metode yang jauh lebih canggih, kamera selfie di balik layar. OnePlus 8 juga disinyalir bakal mengadopsi layar 120Hz, meningkat dari refresh rate 90Hz.

8. Xiaomi Mi 10

Mi 10 Introduction Concept with 108MP Camera ,Snapdragon 865 and a Total Redesign.
Mi 10 Introduction Concept with 108MP Camera ,Snapdragon 865 and a Total Redesign.

Sejak tahun-tahun mula kegemilangannya di industri mobile, nama Xiaomi sudah sangat lekat dengan kata “inovasi”. Inovasi yang memukau banyak orang dan menggemparkan industri. Hal yang sama juga diharapkan bisa mereka hadirkan lewat Mi 10 yang siap debut di tahun mendatang.

Sebelumnya Xiaomi sudah mengungkap rencana mereka untuk fokus merilis serbaneka smartphone 5G untuk tahun 2020 nanti dan Anda tak perlu jadi seorang jenius untuk menebak bahwa Mi 10 adalah salah satu dari gelombang perangkat itu. Perangkat ini juga dispekulasikan bakal mengusung display OLED melengkung lengkap dengan dukungan refresh rate hingga 120Hz.

Selebihnya, layar ini mungkin bakal dipadukan dengan kamera berlubang (punch-hole). Baru Vivo S5, ponsel non-Samsung yang sudah tampil apik dengan layar OLED dan display punch-hole seperti itu.

Xiaomi juga disinyalir bakal mempertahankan setup kamera dengan pola desain yang terinspirasi dari sepeda Yuba. Selain itu, calon smartphone terbaru ini hampir dapat dipastikan bakal mengusung sensor kamera utama 108MP.

Calon fitur lain yang tak kalah seru untuk dibahas adalah teknologi Super Charge Turbo 100W. Andai info ini tervalidasi, maka itu berarti Mi 10 akan jadi ponsel perdana yang dilengkapi teknologi pengecasan secepat ini. Dengan catatan, ia tidak didahului oleh brand lain.

7. OPPO Find X2

Smartphone Oppo Find X2.
Smartphone Oppo Find X2.

Kendati pun Realme sudah melontarkan sumbar bahwa mereka akan jadi yang pertama yang menyematkan chip teranyar Qualcomm pada tubuh perangkat mereka yang akan datang, termasuk Snapdragon 865, eks induk mereka, OPPO mungkin bakal mendahului rencana mereka kala memperkenalkan Find X2.

Rumor paling disorot terkait OPPO Find X2 adalah soal kameranya. Smartphone premium ini ditengarai bakal hadir membawa teknologi sensor gambar dari Sony. Raksasa bisnis kamera dari Jepang ini mengklaim bahwa sensor yang mereka racik telah mengadopsi arsitektur on-chip 2×2 yang berdampak pada kapabilitas fokus yang lebih cepat dan presisi serta dynamic range maupun resolusi yang lebih tinggi.

Jika harus menyebut satu produk, maka OPPO Find X2-lah yang akan jadi kandidat paling memungkinkan yang menginisiasi tren kamera swafoto di balik layar. Indikasinya sudah berembus kencang sepanjang tahun ini, terutama sejak OPPO memperkenalkan prototipe perangkat yang mengusung teknologi tersebut (yang berfungsi sebagaimana imajinasi kita selama ini) dalam gelaran OPPO INNO DAY 2019 di Shenzen, China.

6. HUAWEI P40/P40 Pro

Smartphone Huawei P40 dan P40 Pro
Smartphone Huawei P40 dan P40 Pro

Terlepas dari sanksi rumit yang saat ini tengah mereka idap, rumor soal hardware dan fitur kamera nomor wahid yang siap dihadirkan pada calon duo ponsel baru HUAWEI, P40 dan P40 Pro, tidak menguap begitu saja. Dan itu merupakan kabar baik, terutama bagi mereka yang lancang beranggapan bawa regenerasi seri ini akan dihentikan.

Sebagaimana yang telah banyak orang perkirakan, P40 series mungkin bakal menyajikan perubahan drastis. Rumor paling hangat dan paling tinggi persentase kebenarannya adalah soal empat buah lensa di punggungnya yang kali ini bakal mendukung pembesaran optik hingga 10x dengan ubahan pada susunan lensa periskop.

Sementara itu, khusus untuk versi non-Pro, ia mungkin bakal ikut menyediakan fitur wireless charging. Spek display juga siap ditingkatkan lewat panel AMOLED yang lebih canggih dari sebelumnya.

5. Apple iPhone 9/iPhone SE 2

Smartphone iPhone 9 / iPhone SE 2.
Smartphone iPhone 9 / iPhone SE 2.

Satu dari sekian rumor seru sepanjang tahun 2019 yang menarik banyak traksi perhatian dari para loyalis Apple adalah soal hadirnya kembali perangkat kompak populer milik perusahaan pada dekade ini, yaitu iPhone SE 2.

Belum lama ini menyeruak kabar bahwa iPhone SE 2 bakal hadir dengan desain yang menyerupai iPhone 8. Rumor ini mengerucut ke arah yang lebih menarik, bahwa ia akan diperkenalkan sebagai iPhone 9. Seperti yang sudah Anda tahu, Apple secara tidak terduga melompati penomoran “Generasi ke-9” pada seri ponsel pintar mereka dan langsung menginjak huruf “X”.

Selain mewarisi desain iPhone 8, iPhone 9/iPhone SE 2 ini diperkirakan akan membawa display kompak dengan luas hanya 4,7 inci. Sedangkan soal jeroannya, ponsel ini sepertinya akan diperkuat oleh chip Apple A13 Bionic yand dikawinkan dengan RAM 3B. Rumor soal fitur penting lain yang mungkin akan ia persembahkan adalah sensor kamera tunggal dan tiga varian warna, Red, Silver, dan Space Gray.

iPhone 9 atau iPhone SE 2 mungkin bakal dibanderol denganh harga mulai dari USD 399 (sekitar Rp 5,6 jutaan).

4. iPhone 12 Pro

Handphone iPhone 12 Pro.
Handphone iPhone 12 Pro.

Tanpa perlu perdebatan lebih lanjut, konektivitas 5G bisa dianggap sebagai fitur penting yang sayangnya dilewatkan oleh trio iPhone 11 kemarin. Tatkala rival mereka seperti Samsung atau HUAWEI sudah mulai melepas produk-produk yang mendukung jaringan 5G, Apple justru melenggang tanpa menyertakan konektivitas yang banyak diantisipasi ini.

Dan kini, terlepas dari rencana akbar mereka untuk tahun 2020 yang sudah terang benderang, makin nampaklah bahwa teknologi 5G akan jadi sorotan utama dalam iterasi produk Apple mendatang.

Lebih dari itu, salah satu calon model smartphone terbaru sekaligus terbaiknya, iPhone 12 Pro disinyalir akan mengimplementasikan teknologi sensor-shift image stabilitzation. Fitur ini disebut bakal menghadirkan kapabilitas stabilisasi gambar pada sensor ultra wide-angle iPhone mendatang. Adapun manfaat yang dapat dipetik pengguna dari fitur ini adalah hasil gambar maupun video dengan mutu yang lebih baik lagi.

iPhone 12 Pro juga kemungkinan bakal tampil tanpa desain notch. Kamera TrueDepth, yang juga berperan sebagai sensor selfie, bisa jadi ukurannya bakal disusutkan dan disematkan pada bingkai dahinya. Mirip seperti apa yang mereka perlihatkan pada iPad Pro.

3. Samsung Galaxy Fold 2

Handphone Samsung Galaxy Fold.
Handphone Samsung Galaxy Fold.

Samsung Galaxy Fold adalah salah satu perangkat yang paling rutin dibicarakan sepanjang tahun 2019 ini. Namun, alih-alih pujian berkat inovasinya, produk ini justru dihujani cemoohan akibat durabilitas desainnya yang rawan rusak. Belum lagi soal keterlambatan perilisannya yang lumayan molor dari jadwal.

Galaxy Fold generasi kedua diharapkan dapat menambal kekurangan tersebut. Rumor terkini menyebut bahwa Galaxy Fold 2 bakal tampil dengan layar 6,7 inci dengan pola tekukan secara horizontal. Mirip seperti apa yang didemonstrasikan oleh Moto Razr 2019.

Galaxy Fold 2 juga kemungkinan bakal dibekali lensa 108MP dengan pembesaran optikal 5x. Tapi yang paling menarik adalah mencuatnya laporan yang mengatakan bahwa Samsung berencana untuk menukar lapisan protektif Plastic Polyimide (PI) transparan pada ponsel kemarin dengan lapisan kaca ultratipis (UTG).

Dengan teknologi maupun fitur yang lebih kekinian, jangan kaget kalau harga perangkat ini bakal dibanderol lebih mahal dibanding generasi yang pertama.

2. Samsung Galaxy Note 11

Samsung Galaxy Note 11 (2020) Introduction - INDISPLAY Camera is here!!!
Samsung Galaxy Note 11 (2020) Introduction – INDISPLAY Camera is here!!!

Sepertinya sah-sah saja untuk mengatakan bahwa Galaxy Note10 adalah phablet terbaik yang lahir dari klan Note series yang ditawarkan Samsung dalam satu dekade ini. Biar begitu, bukan berarti Samsung akan berhenti melakukan inovasi dan memberi sesuatu yang lebih pada generasi teranyarnya nanti.

Berdasarkan paten yang telah diajukan, Galaxy Note 11 terindikasi bakal dibekali dengan sensor spectrometer. Fitur ini nantinya bakal memungkinkan Anda untuk menganalisis suatu objek untuk kemudian merincikan komposisi kimiawinya. Sama seperti OPPO Find X2, dalam layar Galaxy Note 11 pun bakal tertanam sensor kamera selfie. Alhasil, layarnya bakal lapang sempurna, tanpa notch maupun punch-hole.

Terakhir, tentu saja, Galaxy Note 11 siap ditemani oleh S-Pen yang dijejali fitur yang jauh lebih meriah dan menarik dari sebelumnya. Salah satu di antaranya adalah fitur yang memungkinkan pena digital ini untuk berfungsi sebagai remote universal bagi seluruh perangkat elektronik buatan Samsung.

1. Samsung Galaxy S11 dan S11 Plus

Smartphone Galaxy S11 dan S11 Plus
Smartphone Galaxy S11 dan S11 Plus

Galaxy S10 series membuka gerbang bagi Galaxy S-series menuju era baru khususnya dari segi desain, kinerja, maupun kualitas kamera. Dan laiknya iPhone 12 series, Galaxy 11 dan Galaxy S11 Pro ini juga siap mempersempbahkan fitur krusial yang kemungkinan bakal berbicara banyak di arena flagship.

Selain Galaxy S11 dan Galaxy S11 Pro, vendor asal korea Selatan ini juga direncanakan merilis satu varian perangkat dengan spesifikasi dan harga yang lebih rendah, yakni Galaxy S11e. Rumor ini sebelumnya sudah terkonfirmasi oleh gambar hasil bocoran tipster kenamaan yang memperlihatkan tiga ukuran layar berbeda.

Pada departemen display, Samsung bakal kembali mengandalkan layar punch-hole. Tapi posisinya berpindah, dari pojok menjadi ke tengah. Mirip Galaxy Note10 series.

Selain itu, Samsung telah berencana untuk merombak desain kamera utama sekaligus konfigurasinya. Kabarnya, raksasa smartphone ini akan menghadirkan modul kamera vertikal berbentuk “T” dengan jumlah lima lensa yang semua tersemat di dalamnya.

Fitur lain yang hampir dapat dipastikan bakal dimiliki oleh trio ponsel ini adalah display AMOLED, Snapdragon 865, RAM minimal 6GB, sensor ISOCELL Bright HMX, optical zoom 5x, dukungan video 8K, One UI 2.1 berbasis Android 10, dan daya tahan baterai yang lebih panjang.

Sebagaimana yang dicerminkan oleh tahun 2019, tahun 2020 sepertinya bakal kembali jadi tahun yang meriah oleh inovasi di industri mobile. Samsung dan Apple semakin mematenkan diri untuk jadi pemimpin ihwal terobosan teknologi, tapi HUAWEI dan Xiaomi juga terus menunjukkan tajinya agar tidak senantiasa terbayangi oleh dua raksasa tadi.

Apapun hasilnya nanti, pihak yang akan mendapat paling banyak limpahan manfaatnya adalah konsumen, yang kini makin tertarik terhadap performa smartphone yang mereka miliki secara menyeluruh.

10 Smartphone Terbaru yang Dinantikan di 2020

  1. Samsung Galaxy S11 dan S11 Plus
  2. Samsung Galaxy Note11
  3. Samsung Galaxy Fold 2
  4. iPhone 12 Pro
  5. iPhone 9/iPhone SE 2
  6. HUAWEI P40/P40 Pro
  7. OPPO Find X2
  8. Xiaomi Mi 10
  9. OnePlus 8
  10. Google Pixel 5/Pixel 5 XL

Baca juga : 10 Handphone Gaming Murah 2 Jutaan Tahun 2020

One thought on “10 Smartphone Terbaru yang Dinantikan Di Tahun 2020

Leave a Reply

Next Post

10 Handphone Gaming Murah 2 Jutaan Tahun 2020

Infohandphone.com |Tidak sedikit yang masih berasumsi bahwa untuk memainkan game-game mobile terkini, diperlukan smartphone berbanderol harga tinggi. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena di masa sekarang, cukup dengan merogoh kocek sekitar 2 jutaan saja, Anda sudah berhak untuk membawa pulang sebuah handphone gaming murah yang dibekali jeroan yang memadai untuk […]
%d bloggers like this: